11 Tips Mempercepat Kinerja Komputer ( Windows 7 )

Posted by

Kadang kala kita merasa emosi ketika performa windows kita lemot. Sehingga bisa menimbulkan bad mood ataupun pekerjaan yang seharusnya bisa selesai tepat waktu menjadi molor karena masalah komputer yang lemot. Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, saya akan memberikan beberapa tips mempercepat kinerja windows 7.



1. MatikanVisual Efek Yang Tidak Penting,

Visual efek memang berfungsi untuk mempercantik tampilan windows anda, akan tetapi Visual efek juga berpengaruh terhadap kinerja komputer. Sehingga jika Visual efek dimatikan tentu akan membuat kinerja komputer anda menjadi semakin cepat.
Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan visual efek di windows 7

  • Klik Start > klik kanan pada komputer > kemudian klik properties > lalu klik Advance system setting > pilih tab advanced > di bagian performance klik setting 

  • Pada bagian Visual efek silahkan anda memiilih adjust for best performance > kemudian klik Apply / OK
2. Nonaktifkan Fitur Aero Shake.

Fitur aero shake ini berguna untuk meminimize jendela yang sedang tidak digunakan. Contohnya apabila anda membuka beberapa jendela dan  salah satu jendela yang aktif  tersebut anda gerak-gerakkan, maka jendela yang lainnya akan di meminimize secara otomatis. 
Berikut ini langkah untuk mematikan fitur aero shake:



  • Klik Start > lalu ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) lalu tekan tombol Enter
  • Setelah muncul tampilan jendela local group policy editor seperti di atas, silhkan  meng-klik User Configuration > Klik administrative template > klik desktop > lalu di jendela sebelah kanan klik dua kali pada “turn off aero shake windows minimizing mouse gesture” > pilih enable >> dan terakhir klik OK.
3. Cara Yang Ketiga Adalah DenganMemtaikan Fitur Aero Snap.
Berikut caranya :

  • Klik Start >> Kemudian klik control panel >> Pilih ease of acces >> klik ease of acces center >> dan klik Make the mouse easier to use
  • Berilah tanda centang pada “Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen” >> kemudian Klik OK.


4. Menonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan di Komputer Pada saat Startup (ketika baru menyala).
Langkah-langkahnya sebagai berikut :


  • Klik Start > ketikkan “msconfig” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter > Kemudian klik tab startup > dan hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak diperlukan untuk dijalankan pada saat komputer melakukan startup. Klik OK.


5. Menonaktifkan Gadget Pada Windows 7 
Untuk mematikan gadget di windows 7 dapat dilakukan dengan cara berikut ini :


  • Klik Start > Kemudian klik Control Panel > Pilih Programs > Pilih Turn Windows features on or off  > Kemudian hilangkan tanda centang pada “Windows gadget platform" > lalu Klik OK.  





6. Mengaktifkan Semua core Saat Booting.
Jika anda mempunyai komputer yang memilki prosesor dengan banyak core, sebaiknya anda menggunakan semua core tersebut pada saat komputer melakukan booting.
Langkah untuk mengatur agar semua core processor anda dapat digunakan ketika komputer melakukan booting bisa dilakukan dengan cara berikut:


  • Klik Start >> ketikkan “msconfig” (tanpa tanda petik) >>  lalu tekan enter 
  • Klik pada tab >> boot > kemudian pilihlah system operasi windows 7 
  • Klik pada advanced options >> dan beri tanda centang pada Number of processor >> lalu pilih jumlah processor >> kemudian klik OK
7. Pada Langkah ke 7, Lakukan Disk Clean Up pada Harddisk anda.
Tahukah anda jika pada saat melakukan browsing ataupun saat anda menginstal dan menguninstal software dari komputer anda akan menghasilkan registry-registry, cookies, cache yang baru yang biasanya tidak terpakai. Jika anda tidak pernah melakukan pembersihan, maka jumlah filenya akan semakin banyak dan akan menguras banyak pemakaian Hard Disk anda.
Untuk melakukan Disk Clean Up dapat dilakukan dengan cara berikut ini.


  • Klik Start > Klik All Programs > Klik Accesories > Klik System Tools > Klik Disk Clean Up  
  • Kemudian muncul jendela kecil yang mengarahkan kita untuk memilih partisi Harddisk mana yang ingin di Clean Up. (pilihalah drive : C) > Kemudian klik OK
  • Maka akan muncul jendela seperti di atas. Berilah centang pada bagian yang akan anda Clean Up. Selanjutnya Klik OK

8. Defragment Disk Anda Secara Teratur.
Tips Selanjutnya adalah dengan melakukan defragment disk secara teratur. Pada prinsipnya proses defragment disk adalah merapikan file pada Harddisk yang sudah diacak-acak baik itu secara sengaja ataupun tidak disengaja sehingga komputer akan lebih mudah dalam membacanya.
Cara melakukan  defragment Disk sebagai berikut:


  • Klik Start >> Kemudian Klik All Programs >> Lalu Klik Accesories >> Klik System Tools >> dan Klik Disk Defragmenter
  • Kemudian Pilih Hard Drive yang ingin anda defrag kemudian klik defragment disk

9. Matikan System Sound 



Anda juga dapat mematikan System Sound untuk mempercepat proses saat loading system.
Caranya sebagai berikut:

Klik Start >> ketik "mmsys.cpl" (tanpa tanda petik) di Start Search dan tekan tombol enter.
Buka tab Sound dan pilih No Sound
Klik OK

10. Nonaktifkan Index Search di Windows 7. 

Tips kesepuluh adalah dengan menonaktifkan Index Search di Windows 7. 
Berikut ini caranya : 
Klik start >> ketik "services.msc" (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter.
Cari Windows Search lalu klik kanan dan nonaktifkan service tersebut.

11. Download Software


Anda juga dapat mendownload software yang berguna untuk mempercepat kinerja komputer. Silahkan anda search di Google software-software tersebut. Sebagai panduan, anda perlu memilih software yang dapat mengoptimalkan registry, dapat membersihkan program dari junk file, dapat mengoptimalkan RAM, dan bahkan dan mempercantik tampilan ikon anda.

Sekian 11 Tips Mempercepat Kinerja Komputer dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada salah kata dan info silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di blog ini :)


Blog, Updated at: 5:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts