Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown

Posted by


Ketika anda selesai menggunakan komputer, anda pasti akan men-shutdown komputer anda, tapi bagaimana jika ketika anda telah selesai menggunakan komputer untuk mengerjakan sesuatu yang deadline dan komputer anda tidak bisa shutdown ? Pasti anda bingung dan segera mencopot kabel kontak CPU anda. Tindakan ini sangat perlu untuk dihindari dengan alasan apapun.
Akibatnya, komputer anda menjadi lambat, merusak hardisk, mengacaukan registry bahkan bisa membuat kerusakan pada motherboard. Untuk itu, anda perlu mengetahui penyebab kesalahan ini, banyak orang yang salah kaprah dalam mendiagnosa kesalahan ini dan langsung meng-instal ulang. Kerugian pasti ada, data banyak yang hilang walaupun komputer dapat kembali di shutdown.

Berikut beberapa penyebab komputer tidak bisa shutdown :
  1. Registry fast download dalam keadaan aktif, silahkan akan klik registry dan ubah menjadi nonaktif, registry ini memiliki andil yang cukup besar.
  2. Settingan pada BIOS anda. BIOS biasanya terdapat pilihan yang menyebabkan komputer anda tidak bisa shutdown
  3. Adanya aplikasi atau program yang masih berjalan. Biasanya program atau aplikasi ini tidak mempunyai respon yang baik.
  4. Adanya device yang tidak compatible dan corrupt. Terkadang banyak terjadi corrupt karna hilangnya file-file yang mendukung untuk mematikan komputer, sehingga komputer bingung dan tidak dapat menerima perintah shutdown anda.
  5. Terjadinya error VGA. Mungkin ini juga dapat mempengaruhi.


Solusi Mengatasi komputer yang tidak bisa shutdown

Jika anda mendapati komputer anda dalam keadaan seperti diatas, tetaplah tenang dan jangan asal dalam mematikan komputer.Bagian-bagian pada komputer telah memiliki tugas masing-masing dan mungkin diantara komponen tersebut kurang maksimal dalam menjalankan tugasnya,sehuingga dapat terjadi hal semacam ini. Selain itu kerusakan ini juga dapat dipicu dari segi pamakaian dan perawatan  komputer kita. Untuk mengatasinya, berikut solusi mudah yang dapat anda praktekkan.


  1. Silahkan anda klik start buka run dan tuliskan dalam kolom Regedit klik OK
  2. Setelah masuk kedalam Regedit buka dan cari HKEY_CURRENT _USER pilih kontrol panel klik desktop
  3. Klik PowerOffActive setelah itu ubah menjadi angka 1
Demikian artikel sederhana ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan silahkan memberi kritik dan saran dengan bijak dan tetap berkunjung diblog in :)


Blog, Updated at: 7:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts