Menghemat Baterai Android KitKat

Posted by


Satu kekurangan yang selalu menghantui perangkat berbasis sistem operasi Android ialah borosnya daya tahan baterai. Walaupun Google sebagai pihak pemilik dan pembesut sistem operasi Android sudah melakukan berbagai cara untuk menanggulangi masalah tersebut, namun permasalahan ini tetap terjadi di sebagian besar perangkat Android.

Problem borosnya daya baterai bahkan tetap terjadi di perangkat yang telah mengadopsi sistem operasi Android terbaru versi 4.4 Kitkat. Tetapi di platform Android KitKat, Google ternyata menyematkan sejumlah pengaturan yang dapat digunakan untuk menghemat daya tahan baterai.



Bagi Anda yang sudah menggunakan perangkat berbasis Android 4.4 KitKat, berikut beberapa tips mudah yang patut anda gunakan untuk menghemat daya tahan baterai perangkat:

1. Pengaturan pada fitur GPS

Fitur GPS memang sangat diperlukan untuk mendukung bermacam-macam aplikasi dan layanan yang diperlukan pada perangkat. Dimulai dari aplikasi perpetaan, navigasi, bahkan media sosial seperti Path, Facebook, Instagram, dan Twitter memanfaatkan fitur GPS.

Meski keberadaannya begitu vital, namun GPS menjadi salah satu penyebab utama borosnya daya tahan baterai androdi. Namun di sistem operasi Android KitKat, Google memberikan opsi penghematan daya pada fitur GPS.

Anda hanya perlu mengakses menu Settings > Location > Mode. Di dalam menu Mode, Anda akan menemukan opsi 'Battery Saving' untuk menghemat daya baterai.

2. Menonaktifkan NFC bila tidak digunakan

Fitur NFC pada mumnya selalu berada dalam kondisi aktif, tetapi sesungguhnya fitur ini masih jarang digunakan oleh banyak pengguna. Maka jauh lebih baik jika fitur NFC hanya dinyalakan pada saat ingin digunakan. Anda dapat menonatifkan dengan mengakses menu Settings > More > NFC, kemudian nonaktifkan.

3. Meminimalisir penggunaan Google Now

Salah satu kelebihan update pada sistem operasi Android KitKat adalah tersedianya fitur asistem pribadi berbasis suara, Google Now. Dengan hanya mengatakan 'OK, Google!', ponsel Android bisa menerima dan menjalankan perintah. Namun konsekuensinya adalah baterai perangkat akan terasa sangat boros.

Sebab, penggunaan fitur pada Google Now memposisikan perangkat Anda dalam mode siaga 'listening' terus menerus. Oleh sebab itu, fungsikanlah fitur Google Now sesuai kebutuhanmu, bila tidak, lebih baik dimatikan saja fungsinya dengan cara mengakses menu Settings > Voice > dan matikan Hotword Detection.

Demikian artiklel sederhana ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada kesalahan info dan penulisan, silahkan memberikan kritik dan saran dan tetap berkunjung pada blog ini.


Blog, Updated at: 10:09 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts