Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terisi 100%

Posted by

Pertumbuhan dan penggunaan laptop sangatlah luar biasa. sebagaimana  kita lihat, bukan hanya orang - orang yang bergelut di bidang IT saja yang memakai laptop / notebook ini tetapi orang yang pekerjaannya bukan di luar bidang IT sangat membutuhkan penggunaan laptop. Mulai dari tuntutan pekerjaan sampai sekedar bermain game, dan dengan perangkat ini, kita dapat bekerja secara mobile.
Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang terus-menerus, komponen-komponen pada laptop juga akan mulai bermasalah, salah satunya adalah baterai.


Pernahkan anda mengalami ketika baterai sudah di charge selama beberapa jam namun baterai laptop tidak kunjung penuh ? atau batere tidak sampai 100%  (fully charged) dan selalu berada di bawahnya selama apapun kita melakukan charge. dan pada indikator baterai, muncul tulisan "Battery not Fully charged" ? Nah, pada artikel ini, saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi baterai laptop yang tidak dapat terisi 100%

Penyebab Baterai Tidak Terisi Penuh

  • Membiarkan Laptop mati dengan sendirinya setelah power baterai habis.
  • Pengaturan Critical Battery Level yang terlalu rendah pada Power Options, sehingga Windows akan melakukan aksinya setelah baterai benar-benar habis(dibawah 5%).
  • Adanya gangguan listrik dan lain sebagainya.
Solusinya Sebagai Berikut :


1. Biasakan untuk langsung melakukan Charge baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubahlah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat baterai sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibernasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Yang ketiga, ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. jika bingung cara merubahnya, ikuti cara berikut :

Pada Windows 7 :
Klik tombol Start >. Control Panel >> Security >> Power Options. kemudian pada pilihan "Select a power plan" kliklah pilihan "Change plan setting" pada bagian samping kanan. Setelah itu muncul jendela "change setting for the plan" . kemudian klik "change advanced power Setting" dan lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. disini anda bisa merubah angka persentase yang anda inginkan.

Pada Windows 8 :
Caranya hampir sama seperti windows 7, silahkan akses ke control panel melalui Start Screen, Apps, Control panel. kemudian cari bagian Security dan power options. selanjutnya langkah-langkahnya seperti diatas

4. Setelah itu, lakukanlah pengecasan pada keadaan baterai masih dalam keadaan terisi penuh. kemudian lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. Tapi jangan khawatir, pengecasan dalam waktu yang lama pada baterai zaman sekarang tidak berdampak negatif karena baterai sudah dilengkapi teknologi akan menghentikan proses charge secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh

5. Selanjutnya anda  bisa lihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak terpakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) tindakan  ini dapat mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. Saran saya, silahkan anda men-charge laptop pada malam hari ketika anda hendak tidur dan lihat hasilnya keesokan hari. Tapi ingat, jauhkan posisi laptop dari tempat tidur anda, untuk mengantisipasi terkena radiasi dari laptop ( dan semua gadget )

Pada poin nomor 6, pastikan selalu listrik di rumah anda benar- benar stabil sebelum melakukan charge pada malam hari.


Demikian artikel yang sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran secara bijak dan jangan lupa tetap berkunjung di Blog ini :)


Blog, Updated at: 12:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts