Tips dan Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android

Posted by

Menambah RAM di Android pada prinsipnya adalah membuat virtual memory (Swap RAM / Linux Swap / ZRAM / compcache) yang berfungsi untuk ram bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal.

Bila anda beraggapan bahwa script RAM / tweak lah yang berfungsi menambah RAM Android, itu salah kaprah. Script seperti itu hanyalah berisi baris-baris menggunakan bahasa C seperti pengkondisian if - then - echo yang intinya hanya mengoptimalkan pemakaian RAM saja.

Tips dan Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android


Untuk virtual memory Android, tidak perlu kita buat terlalu banyak karena ini hanyalah RAM bayangan dan bukan menambah kapasitas RAM inti. Hanya beberapa puluh MB saja yang kita perlukan untuk virtual memory. Maksimal 128MB sudah cukup. Jika Anda membuatnya menjadi 1GB, untuk apa? Lagi pula untuk membuat virtual memory seperti swap RAM yang dipakai adalah kapasitas memori eksternal.

Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana cara menambah kapasitas RAM Android yang terbilang cukup mumpuni. Bagi Anda yang mempunyai handheld dengan spesifikasi yang kurang, ikutilah langkah-langkah dibawah ini.

Install Swapper

Langkah pertama kita mulai dari hal yang paling sederhana. Install Swapper untuk menambah virtual memory yang berguna untuk menambah RAM Android.


  1. Pastikan Android Anda telah dalam keadaan rooted. Selain itu, pastikan juga kernel Android anda telah di support swap RAM (ZRAM)
  2. Download Swapper melalui link ini kemudian install
  3. Buka Swapper, centang active swap on boot, pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  4. Isi value dengan kapasitas swap RAM yang Anda kehendaki
  5. Reboot perangkat Android Anda


Install SD-Booster

Langkah berikutnya adalah dengan menginstall SD-Booster. Fungsi dari SD-Booster ini adalah menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca/menulis data (R/W). Seperti halnya dengan overclock namun ini bukanlah prosesor melainkan SD Card.


  1. Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  2. Download SD-Booster melalui link ini kemudian install
  3. Buka SD-Booster, isi cache size antara 1 hingga 8192. 
Disarankan ( pada poin 3 ) menggunakan 1024 atau 2048


Pasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script adalah script pengatur RAM, sama halnya dengan aplikasi RAM Manager PRO (karena Juwe RAM Script juga merupakan kelanjutan dari RAM Manager PRO buatan Juwe). Walaupunukurannya relatif kecil namun fungsi Juwe RAM Script terbilang sangat ampuh.


  1. Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  2. Pastikan juga kernel Android anda sudah support init.d.
  3. Download Juwe RAM Script melalui link ini, save di sdcard Anda
  4. Ekstrak file tersebut, pindahkan ke direktori init.d yang berada di folder /system/etc
  5. Ubahlah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
  6. Reboot perangkat Android anda
Peringatan untuk poin 2 = Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan library. Jika Anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi


UPDATE : Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk menambahkan file Juwe RAM Script kedalam folder init.d, Anda bisa memakai aplikasi RAM Manager PRO. RAM Manager PRO memiliki performa yang sama dengan Juwe RAM Script seperti yang saya katakan diatas, RAM Manager PRO juga memiliki interface dan opsi yang lengkap.
Tips dan Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android


Langkah-langkah diatas tidak harus anda lakukan semuanya. Yang paling penting dalam tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM pada Smartphone Android ini adalah penambahan virtual memori / ZRAM saja (Swapper).

Demikian Tips dan Cara Menambah Kapasitas RAM pada Smartphone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika ada kesalahan info dan penulisan silahkan memberikan kritik dan saran secara bijak dan tetap berkunjung di Blog ini :)


Blog, Updated at: 9:13 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts