Tips dan Trik Mengatasi Android yang Restart Sendiri

Posted by

Berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna ponsel Android adalah seringnya terjadi hang atau terkadang restart sendiri. Masalah ini dapat muncul tanpa diketahui oleh para pengguna ponsel Android yang masih awam.

Adapun berbagai penyebab Android hang atau restart sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Kinerja RAM berlebihan
  2. Memory Internal penuh.
  3. Aplikasi yang Crash/ Corrupt.
  4. Serangan Virus.



Untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas, anda dapat mengikuti beberapa Tips dan Trik Mengatasi Android yang Restrat Sendiri :

1. Kinerja RAM Berlebihan
Kapasitas RAM sangat mempengaruhi keseluruhan kinerja perangkat android. Menginstall berbagai aplikasi lalu membukanya sekaligus, akan memberatkan kinerja pada RAM yang berkapasitas kecil, akibat yang ditimbulkan akan membuat ponsel Android anda jadi hang dan masalah yang berkelanjutan adalah terjadi restart sendiri. Sebelumnya, anda harus mengetahui kapasitas RAM ponsel anda, agar anda dapat mengintrol bebagai aplikasi yang terinstal pada perangkat android anda. Anda dapat pula membacar artikel Tips dan Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android, sebagai referensi anda untuk tindakan selanjutnya

2. Memory Internal Penuh
Biasakanlah anda menginstall Aplikasi Android di Memory Eksternal /SD Card, fungsinya agar memory internal dapat lebih leluasa dan tidak terlalu terbebani dengan banyaknya aplikasi yang anda pasang. Selain itu juga aplikasi yang dapat anda install juga kemungkinan menjadi lebih banyak, tentunya sesuaikan juga dengan kapasitas RAM anda.

3. Aplikasi yang Crash/ Corrupt.



Terkadang perangkat android sering hang atau restart terjadi karena crash. Crash bisa diakibatkan karena system yang error, RAM yang minim, tweaks yang dijalankan berbenturan dengan tweaks yang lain, atau dapat pula crash karena jalan main aplikasi yang satu dengan lainnya berlawanan, kejadian crash ini ditandai dengan munculnya pesan "Force Close" biasanya aplikasi yang crash terjadi karena kesalahan pengguna seperti overclock CPU yang melampaui batas, aplikasi yang terpasang bukan dari google play. Solusinya jangan terlalu berlebihan dalam melakukan overclock CPU, dan installah aplikasi yang compatible dan berasal dari google play.

4. Serangan Virus
Kemungkinan terjadinya serangan virus  pada sistem di perangkat android juga menjadi salah satu penyebab ponsel Android hang atau terjadi restart sendiri. Solusinya sudah pasti anda harus pasang antivirus. Banyak pilihan antivirus di google play app store yang bisa langsung anda install, salah satunya yang menurut saya ampuh adalah Dr.Web v.9.

Keunggulan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

Melakukan scan sistem file cepat atau penuh, serta scan kustom file dan folder yang ditentukan pengguna.
Menyediakan real-time scanning file system.
• Menggunakan teknologi Origins Tracing ™ yang unik, mendeteksi baru, malware yang tidak diketahui.
Melindungi kartu SD dari terinfeksi dengan file autorun dan Exploit.Cpllnk, baik yang mungkin berbahaya untuk perangkat Windows berjalan.
• Bergerak terdeteksi ancaman terhadap karantina dari mana file yang terisolasi dapat dikembalikan, jika diperlukan.
Minimal dampak kinerja sistem.
irit sumber daya baterai.
• irit lalu lintas karena ukuran kecil dari update database virus.
Memberikan statistik rinci.
Dilengkapi dengan berguna dan informatif widget desktop.
Anti-spam
untuk menghindari panggilan yang tidak diinginkan dan pesan SMS.
pemilihan mode Filtering.
• Memungkinkan Anda membuat profil Anda sendiri penyaringan.
editing Blacklist.
Menampilkan informasi tentang panggilan diblokir dan pesan.
Anti-pencurian
akan membantu Anda menemukan perangkat mobile Anda jika telah hilang atau dicuri,
dan, jika perlu, menghapus informasi rahasia dari jarak jauh.
• Memungkinkan Anda mengunci perangkat setelah reboot.
• Memungkinkan Anda mengunci ponsel Anda sehingga hanya dapat dibuka dengan memasukkan password (jumlah usaha membuka terbatas).
• Memungkinkan Anda membuka kunci perangkat dengan pesan SMS.
• Memungkinkan Anda untuk melihat lokasi perangkat di Google Maps.
• Memungkinkan Anda menghapus data pada perangkat dan kartu SD.
• Mulai pemutaran audio pada perangkat dan mengunci layar.
• Memungkinkan Anda menyesuaikan pesan yang akan ditampilkan pada layar perangkat diblokir.
• Memungkinkan Anda membuat daftar nomor yang dapat pemberitahuan akan dikirim jika seseorang mengubah kartu SIM di perangkat yang hilang. Memungkinkan Anda untuk mengontrol anti-pencurian dengan memiliki pesan yang dikirim ke itu dari angka-angka ini untuk membuka kunci perangkat jika Anda lupa password unlock.
Cloud Checker
The Cloud Checker filter akan membatasi akses ke situs-situs Internet yang tidak diinginkan. Memungkinkan Anda memblokir akses ke situs non-direkomendasikan atau berpotensi berbahaya menurut beberapa kategori (narkoba, kekerasan, dll).
Keamanan Auditor
• troubleshoots perangkat untuk mengidentifikasi masalah keamanan dan menawarkan solusi untuk mengatasinya.
Firewall
Kontrol aktivitas jaringan aplikasi
Filter lalu lintas jaringan eksternal dari aplikasi yang terinstal pada perangkat dan sistem aplikasi. Pilih antara Wi-Fi dan penyaringan jaringan selular, dan mengambil keuntungan dari aturan disesuaikan (filter dengan alamat IP dan / atau pelabuhan, dan dengan seluruh jaringan atau rentang IP).
Monitor lalu lintas saat ini dan dikirimkan sebelumnya; memberikan informasi tentang alamat / port untuk aplikasi yang menghubungkan dan jumlah lalu lintas inbound dan outbound.
Detil log.
Firewall ini kompatibel dengan Android 4.0 atau lebih tinggi.

Demikian Tips dan Trik Mengatasi Android yang Restrat Sendiri, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika terdapat kesalahan info dan penulisan silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Blog ini :)


Blog, Updated at: 9:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts