Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

Posted by

Pada saat ini ponsel tidak hanya berguna sebagai alat untuk menelpon atau sekedar ber SMS ria tapi diluar dari fungsi awal tadi, saat ini ponsel dapat digunakan untuk menyimpan file, browsing, media sosial, bermain game online dan banyak lainnya.



Namun tahukah anda bahwa ponsel juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Hal ini dikarenakan ponsel bisa memberikan radiasi pada benda yang ada di sekitarnya termasuk pemakainya. Radiasi ponsel akan berdampak pada jangka pangjang tidak secara jangka pendek. Sebut saja kanker dan penyakit kronik lainnya yang muncul akibat partikel bebas yang disebabkan oleh radiasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mencegah terkena radiasi ponsel. Berikut Tips mengurangi bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan anda :

1. Gunakan Headset
Penggunaan headset agar ketika anda menelpon atau meneriman panggilan, ponsel tidak terlalu dekat dengan otak.

2. Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless
Lebih baik menggunakan headset yang memiliki kabel dari pada headset wireless. Matikan bluetooth jika tidak digunakan

3. Gunakan Speakerphone
Jika Anda tidak memiliki headset, mengaktifkan modus loudspeaker bisa jadi pilihan. Anda jadi bisa mendengarkan suara panggilan tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga.

4. Lebih baik SMS
Bila anda terbiasa dengan SMS-ria, sekarang anda punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan anda tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi Hp, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.

5. Gunakan Casing Penahan Radiasi
Sekarang telah banyak produsen menciptakan casing berkemampuan khusus yang diklaim dapat meminimalisir paparan radiasi yang berasal dari ponsel.

6. Matikan ponsel ketika signal lemah
Sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi. Ketika berada di suatu daerah dengan signal telekomunikasi yang lemah, sebaiknya matikan ponsel.

7. Diam di tempat saat menelepon
Kebiasaan banyak orang, ketika menerima atau menelpon, maka akan berjalan kesana kemari. Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi. Karena dalam keadaan bergerak maka sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS).

8. Gunakan dua telinga
Usahakan untuk bergantian menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian saat menerima telepon.

9. Letakkan ponsel di tas
Simpanlah ponsel anda di tas atau di meja ketika tidak digunakan. Hindari menyimpan ponsel dalam saku.

10. Mengurangi pemakaian Smartphone
Perangkat smartphone seperti Android, iPhone, Windows mobile dan Blackberry menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada ponsel biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna.

Demikian artikel Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjnug di Blog ini :)


Blog, Updated at: 9:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts