Tips Agar Android Tidak Lemot

Posted by

Tips Agar Android Tidak Lemot - Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan smartphone Android pun akan mengalami berbagai masalah. Lemot serta kehabisan memori menjadi masalah klasik.



Nah, bagi anda yang berkantung cekak, usulan untuk membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih baik nampaknya tak masuk hitungan. Sebab itu,penulis mencoba memberikan beberapa tips sederhana untuk membuat smartphone Android agar memiliki performa prima.

1. Reset data factory
Pastinya Anda pernah memasang atau menghapus sejumlah aplikasi di smartphone Android. Sejumlah aplikasi yang tidak dipakai lagi pastiya berjalan di background, menggunakan baterai dan sumber daya lainnya.

Nah, melakukan reset data factory merupakan langkah yang bisa dipilih agar performa smartphone kembali fresh. Kemudian, format ulang media penyimpanan baik itu internal maupun microSD, sehingga, berkas-berkas yang tak tak perlu pun lenyap dan memberikan tambahan kapasitas lowong.

Setelah melakukan reset data, pastikan bahwa anda hanya memasang aplikasi atau game yang dibutuhkan. Sehingga, tak ada lagi sumber daya dari smartphone yang terpakai secara sia-sia.

2. Perbarui piranti lunak
Periksalah ketersediaan pembaruan piranti lunak dan memperbaharuinya merupakan salah satu cara yang tepat untuk memaksimalkan kinerja smartphone. Oleh sebab itu, pembaruan umumnya memboyong sejumlah penanganan masalah dan juga meningkatkan daya tahan baterai.

3. Nonaktifkan aplikasi pada sistem 
Minimnya ruang Random Access Memory (RAM) menjadi penyebab smartphone Android menjadi lemot. Hal ini terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada background dan memerlukan alokasi RAM. Oleh karenanya menonaktifkan aplikasi pada sistem menjadi cara jitu untuk menyediakan RAM yang lebih lapang.

Sayangnya, fitur nonaktif aplikasi pada sistem hanya tersedia pada Android 4.0 Jelly Bean atau yang terbaru. 
Fitur ini dapat diakses dengan mengunjungi menu Settings >Apps/Application Manager dan kemudian geser ke All tab.

Dari fitur itu, Anda dapat memiliki aplikasi yang ingin dinonkatifkan berjalan pada sistem dengan memiliki opsi Disable.
Ingat, jangan nonaktifkan seluruh aplikasi pada sistem karena bisa menyebabkan masalah stabilitas.

4. Greenify



Ini merupakan aplikasi wajib yang mesti terpasang di perangkat Android lawas. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan hibernasi aplikasi yang berjalan pada background. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini disini.
Cara ini juga akan membantu dalam menyimpan sumber daya dan meningkatkan daya tahan baterai. Menariknya, Greenify tak memiliki efek samping apa pun.

Demikian Tips dan Cara mengatasi Android Agar Tidak Lemot, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani


Blog, Updated at: 6:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts