Aplikasi Mudik Android

Posted by

Aplikasi Mudik Android


Aplikasi mudik dapat membantu perjalanan mudik lebaran anda dengan memberikan informasi berguna yang membuat pengalaman mudik anda semakin asyik, cepat, nyaman dan terhindar dari kemacetan lalu lintas. Semua aplikasi ini adalah gratis dan dapat anda unduh di smartphone anda.

Kini dengan memanfaatkan teknologi ponsel, anda akan sangat terbantu dengan berbagai keunggulan pada aplikasi tersebut. Untuk pengguna Android, dengan berbagai macam aplikasi yang dimilikinya, Anda akan memanfaatkan beberapa aplikasi diantaranya untuk menemani Anda ketika pulang kampung dan menemui orang-orang tercinta.

Bukan hanya sebagai informasi lalu lintas, di dalam aplikasi ini pun terdapat info menarik lainnya terkait yang bagi pemudik, seperti stasiun pompa bahan bakar terdekat, tempat ibadah, hingga rumah makan. Bahkan ada juga aplikasi yang menawarkan streaming video dari CCTV yang terpasang di sejumlah titik lalu lintas yang berpotensi macet.

Dengan berbagai keunggulan aplikasi seperti disebutkan diatas, pemudik dapat mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di depannya dan mencari jalan alternatif. Berikut aplikasi android yang bisa bikin mudik terasa cepat, nyaman dan bebas hambatan yang dirangkum dari beberapa sumber, termasuk dari detik.com. 

1. Zohib Messenger Beri Informasi Dalam Radius 10 Km


Zohib Messenger dapat memberikan informasi dalam bentuk pushed info messages berbasis lokasi dalam radius 10 km seperti kondisi kemacetan lalu lintas atau kecelakaan. Aplikasi android ini dikembangkan oleh Direktorat Telekomunikasi Khusus bersama dengan Klik Indonesia. Aplikasi ini adalah layanan Over The Top (OTT) yang bekerja di atas ekosistem Klik Indonesia.

Aplikasi Mudik Android
Selain itu tersedia juga informasi yang bersifat interaktif yaitu lokasi rumah sakit, rest area, bengkel, pos polisi dan SPBU dalam radius 10 km ditampilkan secara embedded pada peta/map. Pengguna dapat juga melihat kondisi realtime lalu lintas melalui CCTV yang tersedia dalam radius 10 km dalam format video atau gambar.
Zohib Messenger juga menawarkan beberapa fitur unggulan seperti misalnya pada fitur group chat yang bisa diisi dengan jumlah anggota yang tak terbatas, kemampuan berbagi file atau dokumen apa saja termasuk file audio/video,multimedia broadcast, dan juga fitur monetisasi bagi pengguna.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

2. Lewat Mana Info Traffic Lalu Lintas

Aplikasi Mudik Android


LewatMana (Lite) adalah aplikasi Android yang memberikan layanan informasi lalu lintas terkini untuk membantu anda mengetahui informasi lalu lintas terkini di sekitar anda, agar anda tidak terjebak kemacetan. Pastikan anda mengetahui kondisi lalu lintas sebelum memulai perjalanan agar dapat menghindari kemacetan. Dengan demikian anda sudah turut andil untuk mengurangi kemacetan dengan tidak menambah kemacetan yang sudah menumpuk.

“Diving Mode” akan membantu anda untuk mengetahui lokasi anda dan kondisi lalu lintas di sekitar anda. Untuk sementara wilayah coverage CCTV lebih terfokus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi hingga ke Brebes. Pengembangan untuk wilayah Bandung, Surabaya, Bali dan lainnya masih dilakukan.

Informasi yang diberikan dapat dianggap g aktual karena hasil jepretan CCTV akan berubah tiap beberapa menit. Tak hanya itu, pengguna juga dapat melihat kondisi jalan melalui streaming video, namun durasinya hanya dibatasi selama 5 detik dan akan diperbaharui tiap beberapa menit.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

3. Telkomsel Siaga

Aplikasi Mudik Android


Telkomsel Siaga adalah aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mengakses berbagai informasi terkait Ramadhan dan panduan mudik. Aplikasi Telkomsel Siaga dapat diunduh di Play Store, App Store, dan Blackberry World. Selain melalui aplikasi, pelanggan juga dapat mengakses layanan Telkomsel Siaga melalui UMB *123#.

Selain itu ada juga menu bengkel siaga dan peta mudik. Menu ini disiapkan untuk mengantisipasi pengguna Telkomsel yang berencana melakukan mudik ke kampung halamannya. Dalam menu bengkel siaga, pengguna bakal menemukan lokasi bengkel-bengkel yang bersiaga selama arus mudik. Telkomsel menggandeng tujuh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Mudik) yang terdiri dari Toyota, Hino, Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan dan Isuzu demi memberikan lokasi bengkel yang akurat bagi penggunanya.

Sedangkan peta mudik berisikan peta sepanjang jalur mudik yang disertai titik-titik layanan Telkomsel dan layanan publik lainnya seperti Telkomsel Hotspot, Grapari, outlet, posko siaga, mini market, SPBU, ATM, Mesjid, rest area, rumah makan, hingga tempat wisata. Asyiknya, baik menu bengkel siaga dan peta mudik, keduanya terintegrasi dengan layanan peta Google Maps sehingga dipastikan akurat.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

4. JasamargaLive, Informasi Jalan Tol dari PT. Jasamarga

Aplikasi Mudik Android


JasamargaLive adalah aplikasi Android yang dapat meberikan informasi jalan tol dari PT. Jasamarga secara real-time sehingga dapat embantu anda dalam melakukan rencana perjalanan terutama bagi pengguna jalan tol untuk mengetahui kondisi jalan yang akan dilaluinya.. Fitur yang tersedia adalah informasi kepadatan lalu lintas, berita/ kejadian, cctv lansung dari lokasi dan ratusan kamera area Pulau Jawa.

Pengguna tinggal memilih jalur tol yang akan dilalui maka akan terpampang kondisinya. Apakah lancar, padat, atau ada kejadian lain yang terjadi di jalan tol. Tak cuma itu, Jasamargalive juga punya fitur streaming foto bila pengguna menginginkan pantauan langsung di titik tertentu. Foto jepretan CCTV tersebut akan ter-update tiap 10 menit sekali.

Namun bagi pemudik yang menggunakan jasamargalive, coverage-nya cuma mentok sampai gerbang tol Cikampek dan Purbaleunyi. Tapi tetap saja pasti berguna, apalagi untuk memantau arah menuju atau di gerbang tol Cikampek yang merupakan titik utama jalur mudik di Pulau Jawa.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

5. Fitur Baru Google Maps Untuk Mudik Lebaran

Aplikasi Mudik Android


Google Maps baru saja memperkenalkan fitur terbaru dari layanannya yang bernama Explore Nearby. Fitur ini dapat membantu pengguna menjelajahi tempat-tempat terbaru di sekitar lokasi pengguna. Menurut laporan yang dilansir dari The Next Web (23/7/2014), fitur Explore Nearby akan segera digulirkan minggu ini. Jika benar demikian, sepertinya fitur ini cukup bermanfaat membantu pengguna menjelajahi daerah sekelilingnya saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2014 atau berpergian di masa libur Lebaran.

Menurut siaran pers Google yang diposting melalui blognya, fitur Explore Nearby akan menjadi panduan bagi pengguna untuk menjelajahi berbagai tempat dan mengetahui aktivitas yang dapat beradaptasi dengan daerah masing-masing. Bahkan fitur ini juga berguna ketika pengguna melakukan browsing ke lingkungan atau kota-kota lain di peta sehingga dapat memanfaatkan waktu liburan dengan efisien.

Fitur penjelajah di Google Maps ini tidak hanya menjelaskan apa saja yang ada di sekitar pengguna, namun dapat disesuaikan berdasarkan cuaca maupun waktu sehingga pengguna tidak berada di lokasi yang disarankan di saat yang tidak tepat. Untuk memperoleh hasil terbaik, pengguna disarankan sign in dengan melaporkan lokasi dan riwayat.

Tombol Explore Nearby akan diletakan di sudut kanan bawah Google Maps. Pengguna yang menggunakan perangkat Android dapat memperoleh informasi yang lebih relevan setelah tiba di tujuan dengan menekan tombol My Location di kanan bawah atau titik biru di peta. Bagi mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi, aplikasi ini tentu saja wajib anda install di smartphone anda.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

6. Waze Social GPS Maps & Traffic

Aplikasi Mudik Android


Waze Social GPS Maps & Traffic merupakan aplikasi Android yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi di jalan raya. Sebut saja jika terjadi kecelakaan, keberadaan polisi, dan lainnya. Hubungkan dengan Facebook maka akan tertampil lokasi teman terdekat dari tempat Anda berada. Waze kerap digunakan sebagai aplikasi wajib untuk digunakan untuk memandu perjalanan hingga menghindari kemacetan.

Waze dimanfaatkan pengguna di Indonesia untuk berbagi informasi dan mengetahui situasi lalu lintas, dengan memanfaatkan fitur GPS. Tak heran jika Indonesia masuk dalam 10 besar pengguna Waze secara global. Waze dapat merekomendasikan rute berdasarkan jarak dan kondisi macet yang dilaporkan para pengguna.

Jika ada jalur warna merah, berarti sedang terjadi kemacetan di sana berdasarkan laporan dari pengguna. Laporan macam ini disebut laporan aktif. Sedangkan yang disebut laporan pasif, pengguna tak harus melaporkan kondisi jalur yang dilewati. Dengan mengaktifkan Waze dan menentukan tempat tujuan, sudah berupa laporan pasif yang merekam data kecepatan rata-rata.

Silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi ini

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang menawarkan berbagai keunggulan lainnya, silahkan anda memilih langsung di play store. Semoga mudik anda menyenangkan, aman, dan selamat sampai tujuan.

Demikian artikel Aplikasi Mudik Android Yang Membantu Perjalanan Mudik Anda, semoga bermanfaat bagi kta semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani


Blog, Updated at: 5:35 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts