Cara Install CWM Dengan Aplikasi Odin

Posted by

Cara Install CWM Dengan Aplikasi Odin -  CWM bisa dikatakan adalah modding atau modifikasi dari recovery mode pada perangkat dengan sistem operasi Android. Biasanya, para pengguna Android yang suka mengutak atik perangkatnya menggunakan mode recovery ini untuk menginstall atau meng-custom beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, misalnya menginstall dan mengganti jenis font pada perangkatnya, menambahkan fitur quick panel (panel pengaturan praktis) pada status bar, menginstall script -script tertentu, mengubah icon - icon dan masih banyak lagi. Sementara Odin merupakan sebuah program yang sangat berguna untuk proses update firmware terutama untuk ponsel Samsung.

Peran CWM dalam urusan installasi custom ROM sangat penting, karena agar dapat menginstall ROM yang telah anda modifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai "alat" untuk menginstall. Dengan kata lain, tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak dapat memasang custom ROM pada perangkat Android.

Cara Install CWM Dengan Aplikasi Odin

Bagi pengguna android untuk dapat menginstal ROM membutuhkan sebuah aplikasi recovery, pada smartphone Samsung biasa menggunakan aplikasi odin. Aplikasi odin yang merupakan aplikasi recovery perangkat smartphone Samsung mempunyai kekurangan yaitu tidak dapat melakukan flashing pada custom rom seperti cyanogen. Cara yang bisa kita lakukan agar flashing untuk custom rom dapat berjalan maka kita dapat mengganti recovery standar menggunakan recovery custom seperti CWM (ClockWorkMod), PhilZ Touch, Ancora, dan lain-lain. Custom recovery tersebut dapat diinstall pada perangkat smartphone dengan menggunakan aplikasi odin3.

Berikut langkah-langkah menginstal custom recovery ClockWorkMod (CWM) pada perangkat smartphone Samsung.

Sebelumnya siapkan peralatan sebagai berikut :

  1. Odin3
  2. Samsung USB driver (biasanya sudah terinstal saat kita install kies)
  3. Custom recovery CWM (ClockWorkMod) sesuaikan dengan gadget anda.

Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Hidupkan atau restart perangkat smartphone anda kemudian tekan tombol power + volume up sehingga perangkat masuk pada menu download mode.
  2. Jalankan odin3 dan contrenglah pada pilihan “auto reboot” dan “F. reset time”.
  3. Contreng juga tombol PDA dan browse lokasi CWM yang akan di install.
  4. Sambungkan kabel data dari PC/Laptop anda ke smarphone hingga nampak bahwa perangkat telah terhubung dengan baik dengan ditandai wana kkuning pada block ID:COM.
  5. Setelah terhubung dengan baik lanjutkan dengan mengklik tombol start maka odin proses instalasi CWM berjalan di smartphone anda dan tunggulah hingga selesai.

Proses instalasi CWM selesai dengan warna hijau pada block diatas ID:COM dengan tulisan “PASS” berikutnya smartphone akan restart secara otomatis dan proses instalasi selesai.
Setelah proses instalasi selesai, anda dapat menginstal custom rom yang anda inginkan tentunya yang sesuai dengan perangkat smartphone anda tanpa menggunakan odin. Lakukan langkah tersebut dengan benar dan hati-hati karena segala kesalahan yang terjadi dan hal-hal yang tidak di inginkan bukan tanggung jawab penulis.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Root Asus Zenfone 5
2. Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S, dan
3. Cara Install TWRP Recovery Pada Xiaomi Redmi 1S

Demikian artikel Cara Install CWM Dengan Aplikasi Odin, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.


Blog, Updated at: 6:02 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts