Cara Menghemat Baterai Pada Android KitKat 4.4

Posted by

Cara Menghemat Baterai Pada Android KitKat 4.4 - Permasalahan baterai yang tak cukup daya dalam menyokong penggunaan sebuah smartphone, seolah-olah telah menjadi permasalahan klasik bagi para pengguna ponsel ini. Namun, Google pun menyadari akan hal tersebut. Sebagai bukti, pada sistem Android 4.4 KitKat ada beberapa opsi yang dapat anda gunakan untuk bisa menghemat daya baterai secara optimal.

Cara Menghemat Baterai Pada Android KitKat 4.4

Fitur GPS terbaru
Fitur GPS memang sangat berguna bagi para pengguna Android yang kerap memanfaatkan aplikasi peta dan penunjuk jalan seperti Google Maps ataupun Waze. Selain itu, fitur ini juga digunakan oleh kita yang sering menggunakan media sosial, seperti Path, Facebook, Instagram, dan Vine, untuk memberikan informasi soal keberadaan kita kepada para follower dan teman-teman di dalam jaringan.
Sayangnya, fitur GPS adalah salah satu fitur yang membuat baterai perangkatcepat kehabisan daya. Beruntung pada Android KitKat, Google telah memberikan sebuah opsi untuk tetap menggunakan fitur GPS, namun tetap dapat menghemat penggunaan baterai.
Untuk memanfaatkan opsi penghemat baterai ini, anda dapat langsung masuk ke menu “Settings”, lalu pilih opsi “Location”, dan ke “Mode”. Setelah itu, segera nyalakan pilihan “Battery Saving”. Bila kalian membutuhkan mode pelacakan yang lebih detil, maka lakukan langkah yang sama dan ubah pilihan terakhir menjadi “High Accuracy”.

Kurangi fungsi Google Now
Semua pengguna Android tentunya akan sangat terbantu dengan keberadaan Google Now pada perangkat Android. Dengan hanya mengatakan “OK, Google!”, ponsel Android anda akan siap untuk menerima dan menjalankan perintah. Tetapi sayangnya, asisten digital ini justru membuat baterai kalian lebih boros dari biasanya.
Pemborosan yang terjadi karena ponsel Android berapa pada mode listening, siap untuk mendengarkan perintah dari anda. Karena itu, tak ada pilihan lain kecuali mematikan fungsi ini, demi baterai yang lebih awet.
Caranya dengan masuk ke fitur Google Now, lalu diteruskan ke menu “Settings”, dan akseslah opsi “Voice”. Di sana anda tinggal mematikan “Hotword Detection”. Setelah itu, perangkat Android anda tidak lagi berada pada mode “siaga”.

Matikan NFC saat tak dibutuhkan
Fitur NFS biasanya telah aktif secara default. Sayangnya, semakin lama fungsi NFC menyala, maka semakin mudah pula smartphone kalian mati di tengah jalan. Untuk mematikannya, kalian perlu kembali mengakses menu “Settings”, dilanjutkan ke pilihan “More”, dan masuklah ke opsi “NFC”.

Tak semua perlu sinkronisasi
Ketika menggunakan sebuah ponsel Android versi KitKat, kemudian anda memasukkan akun Google pada saat pertama kali menggunakan, maka akun tersebut akan otomatis tersinkronisasi pada semua layanan Google. Tak heran bila fitur sinkronisasi pun dinyalakan secara otomatis. Namun, tentu tak semua hal, khususnya foto-foto dari kamera ponsel, perlu disinkronisasi dengan Google.
Untuk mematikan fitur sinkronisasi, kalian tinggal masuk ke aplikasi “Gallery”, lalu masuk ke menu “Settings”. Di sana, anda dapat menonaktifkan fungsi Google Photos Sync.

Mengoptimalkan battery tool
Apabila cara diatas telah dilakukan namun ponsel anda masih cukup boros, maka cobalah anda memeriksa aplikasi baterai di ponsel Android. Untuk mengaksesnya dengan cepat, masuk ke menu “Quick Settings” di bagian notification shade.
Setelah masuk ke opsi tersebut, segera sentuh ikon baterai dan lihatlah aplikasi apa saja yang memakan daya baterai paling besar. Setelah ketemu, segera sentuh aplikasi tersebut dan pilih opsi “Force Stop”. Namun tentu saja anda tidak dapat mematikan sistem operasi Android di ponsel ini.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Install Windows XP di Android
2. Cara Mengatasi Font Android yang Tidak Terbaca
3. Cara Mengaktifkan 2 Akun FB di HP, dan
4. Menu Rahasia Pada Sony Xperia Z.

Demikian artikel Tips Menghemat Baterai Pada Android KitKat 4.4, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™


Blog, Updated at: 10:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts