Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Posted by

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone - Kualitas kamera Smartphone pada saat ini sudah semakin baik dalam segi kualitas. Bahkan pada saat ini dengan harga sekitar 1 jutaan anda telah dapat memliki smartphone dengan kamera yang berkualitas baik. Akan tetapi meski demikian, lensa kamera smartphone selalu kalah kualitas dari lensa kamera Prosumer, SLR ataupun DSLR.

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Agar kamera smartphone anda memiliki kualitas gambar yang memukau, anda dapat mengikuti beberapa trik berikut ini :

1. Simpan Foto Dengan Resolusi Tinggi

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Gunakan resolusi maksimal pada ponsel anda. Apabila kamera ponsel anda memiliki resolusi maksimal 41 megapiksel, gunakanlah. Walaupun megapiksel bukanlah patokan utama kualitas sebuah kamera, namun menggunakan resolusi tertinggi berarti menyimpan dalam format terbaik yang ada di smartphone. Hal ini berfungsi apabila suatu saat anda ingin melakukan crippong pada gambar, hasil croppingnya akan tetap bagus karna masih memiliki resolusi yang tinggi.

2. Jangan Lakukan Digital Zoom

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Kebanyakan ponsel tidak memiliki fitur optical zoom seperti kamera pocket, hanya ada digital zoom . Namun menurut saya fitur ini tidak berguna, karena tidak berbeda jauh sama cropping foto semata. Kualitas foto pun jadi berkurang. Jadi, foto tidak perlu anda zoom, silahkan langsung croop sehingga file aslinya tetap tersimpan.

3. Hindari ISO Tertinggi

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Hal yang satu ini, bukannya tidak boleh digunakan namun sebaiknya dihindari saja. Kamera smartphone jaman sekarang rata-rata dapat menggunakan ISO hingga 1000, namun karena sensor kamera ponsel yang ukurannya kecil, sehingga paling maksimal biasanya hanya sampai ISO 400 saja, jika melebihi angka tersebut, noise yang muncul akan mengganggu dan mengurangi kualitas foto anda.

4. Perhatikan Arah Cahaya

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Nah, agar anda tidak perlu menggunakan ISO tinggi, perhatikan baik-baik arah cahaya. Sebaiknya objek yang anda foto menghadap ke sumber cahaya, sehingga foto akan terang. Anda juga dapat menggunakan cahaya buatan seperti flash asal jangan terlalu dekat ke objek foto, karena akan terlalu terang..

5. Genggam Handphone Seerat Mungkin Ketika Memotret

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Hal ini sangat disarankan pada pengguna ponsel yang memiliki ukuran kecil, karena snagat tidak stabil ketika digunakan memotret. Apalagi jika digunakan pada ruangan yang redup cahaya, settingan auto pada ponsel akan membuat shutter speed menjadi lambat, sehingga jika ada gerakan dikit akan membuat hasil jepretan anda akan blur. Jadi snagat disarankan, genggam ponsel seerat mungkin saat memotret, gunakan kedua tangan anda, tempelkan siku tangan ke badan agar lebih stabil. Tahan napas hingga anda mengambil foto. Mau lebih stabil lagi? Gunakan tripod mini atau Gorilla Pod.

6. Perhatikan Komposisi Foto

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Ini berfungsi untuk menambah estetika foto. Misalnya, menggunakan komposisi Rule of Third, yang membagi frame menjadi 9 bagian sama besar dengan garis-garis imajiner. Nah, tempatkan objek utama di persimpangan garis-garis tersebut. Beberapa kamera smartphone memiliki fitur garis imajiner ini, namanya Guidelines. Perhatikan pula latar belakang foto, jangan sampai mengganggu atau lebih mencolok dibandingkan objek utamanya.

7. Jangan Ragu Untuk Melakukan Post-Processing

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Beberapa orang dengan akan berkata: “Ah, fotonya hasil editan tuh!”. Asalkan tidak di-edit secara berlebihan, hasil editan akan membantu membuat foto anda menjadi lebih menarik. Karena, hasil yang keluar dari kamera, apalagi kamera smartphone yang minim fitur manual (semua serba auto), biasanya warnanya sangat standar, cenderung pucat, dengan kontras yang rendah, white balance yang salah, justru akan membuat foto jadi tidak seindah aslinya. Jadi sangat disarankan untuk mengatur sedikit tingkat saturasi, kontras, tingkat kecerahan dan White Balance-nya. Adapun aplikasi yang recommended antara lain: Snapseed, VSCO Cam, Photomate R2 dan Adobe Photoshop Express serta masih banyak lagi.

Demikian artikel Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Mudah Membersihkan Smartphone
2. Cara Mengubah Tombol Volume Menjadi Tombol Shortcut Aplikasi
3. Cara Menggunakan Joystick Playstation Pada Sony Xperia, dan
4. Cara Menampilkan Internet Speed Pada Status Bar Android


Blog, Updated at: 12:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts