Cara Registrasi Ulang Atau Daftar Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat Oooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren (Terbaru)

Posted by

Cara Registrasi Ulang Atau Daftar Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat Oooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren (Terbaru) - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dengan registrasi ulang kartu prabayar. Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Ahmad Ramli, program registrasi ulang itu dilakukan guna memberikan kepastian, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Lagipula registrasi dengan identitas yang benar ini juga dapat mendukung perekonomian digital,” kata Ahmad saat jumpa pers di kantornya pada Rabu (1/11/2017) sore.

Ahmad menekankan kalau permintaan meregistrasi ulang dengan menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) melalui operator adalah sebagai bentuk validasi. Pihak operator pun diklaim telah berkomitmen untuk menjaga data pelanggannya, sesuai dengan ISO 27001.

“Kita bersama-sama menyosialisasikan penjelasan kepada masyarakat bahwa data yang benar dan valid itu tidak untuk aneh-aneh. Jalannya layanan seluler diharapkan juga bisa lebih baik,” ujar Ahmad.

Cara Registrasi Ulang Atau Daftar Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat Oooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren (Terbaru)

Program registrasi ulang kartu prabayar sendiri telah dimulai sejak 31 Oktober 2017 lalu. Rencananya, masyarakat diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang hingga 28 Februari 2018. Kendati demikian, pemerintah masih akan memberikan kesempatan untuk registrasi ulang sebelum kartu diblokir total sampai 28 April 2018.

“Kalau tidak registrasi ulang sampai 28 Februari 2018, pemblokiran akan dilakukan secara bertahap sampai akhirnya diblokir total pada 28 April 2018,” ucap Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad pun sempat menjelaskan tahapan pemblokiran kartu yang bakal dilakukan. Dalam rentang waktu 30 hari sejak masa registrasi ulang kartu, pemblokiran akan dilakukan pada panggilan maupun pengiriman pesan ke luar. Selanjutnya, 15 hari setelahnya, giliran panggilan dan pengiriman pesan ke dalam yang diblokir.

“Tapi untuk paket internet masih akan hidup sampai 28 April 2018,” ungkap Ahmad.

Peraturan baru ini dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Sebenarnya untuk melakukan registrasi ini dapat menggunakan beberapa cara, yang pertama kamu dapat registrasi dari situs operator, Selain itu, setiap operator juga menyediakan layanan call center dan masyarakat juga bisa registrasi ulang dengan datang langsung ke galeri dan cara paling mudah adalah melalui SMS dengan proses yang sangat mudah, seperti penjelasan berikut ini.

Cara Registrasi Ulang atau Daftar Kartu Prabayar

Cara Registrasi Ulang Atau Daftar Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat Oooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren (Terbaru)

Pelanggan Baru

Tata cara atau format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:

1. Indosat, Smartfren, Tri

NIK#NomorKK#

2. XL Axiata

Daftar#NIK#Nomor KK

3. Telkomsel

Reg(spasi)NIK#NomorKK


Jika sudah selesai mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444.

Registrasi Pelanggan Lama

Lain lagi dengan tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama. Berikut formatnya:

1. Indosat, Smartfren, dan Tri

ULANG#NIK#NomorKK#

2. XL Axiata

ULANG#NIK#NomorKK

3. Telkomsel

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS ke nomor 4444.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar via Website (Online)
Cukup mudah bukan, segera lakukan registrasi ulang atau daftar baru sebelum tanggal 28 Februari 2018.

Demikian artikel Cara Registrasi Ulang Atau Daftar Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat Oooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren (Terbaru), semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.


Blog, Updated at: 11:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts